Senin, 1 Juli 2024 di Ruang Rapat Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta, dosen-dosen prodi Manajemen Dakwah melakukan diskusi dan merumuskan Profil Lulusan yang berbasis kurikulum MBKM-OBE. Selain itu, review visi, misi, tujuan, dan CPL juga dibahas.
Berikut ini adalah hasil dari rapat yang dilakukan dari pagi hingga menjaelang sore hari. Visi prodi Manajemen Dakwah adalah “Menjadi program studi yang unggul dan inovatif dalam kajian manajemen dakwah sesuai konteks keindonesiaan di tahun 2034.”
Misi yang telah dirumuskan: 1.Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam pengembangan kajian ilmu manajemen dakwah sesuai konteks keindonesiaan; 2.Melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah di bidang ilmu manajemen dakwah secara profesional, dengan pendekatan lintas disiplin sesuai konteks keindonesiaan; 3.Melaksanakan kegiatan pengabdian yang inovatif dan responsif, selaras dengan kajian ilmu manajemen dakwah, serta tepat-guna sesuai konteks keindonesiaan; 4. Melaksanakan kerjasama yang produktif dan bermanfaat bagi pengembangan keilmuan manajemen dakwah dengan lembaga terkait.
Perlu menjadi blueprint, bahwa Profil Lulusan Prodi Manajemen Dakwah ada tiga:
1. Praktisi Pengelola Lembaga Dakwah, dengan kriteria dan berkompeten dalam: a) Berkepribadian baik berdasarkan nilai-nilai keagamaan, kebangsaan, dan kearifan lokal; b) Berpengetahuan luas dan mutakhir di bidang pengelolaan lembaga dakwah; c) Mampu melaksanakan tugas pengelolaan kegiatan dakwah; d) Menguasai skill digital dalam pengelolaan lembaga dakwah.
2. Asisten Peneliti Lembaga Dakwah, dengan kriteria dan berkompeten dalam: a) Berkepribadian baik berdasarkan nilai-nilai keagamaan, kebangsaan, dan kearifan lokal; b) Mampu menerapkan pemikiran secara logis, kritis dan sistematis dalam penelitian di bidang lembaga dakwah; c) Mampu mengaplikasikan teknik penelitian bagi pemula; d) Menguasai konsep teoritis bidang penelitian di bidang lembaga dakwah; e) Mampu mengakaji, menganalisis, dan mengevaluasi permasalahan yang ada berdasarkan prinsip dan teori penelitian di bidang manajemen dakwah.
3. Entrepreneur Lembaga Dakwah, dengan kriteria dan berkompeten dalam: a) Berkepribadian baik berdasarkan nilai-nilai keagamaan, kebangsaan, dan kearifan lokal; b) terampil dalam berbagai bidang event organizer, fasilitator pelatihan manajemen dakwah, dan konsultan lembaga dakwah; c) Mampu menyelenggarakan bisnis biro perjalanan haji-umrah dan wisata halal.
Berdasarkan hasil rapat, topik pembahasan dalam mata kuliah yang diajarkan kepada mahasiswa harus mendukung kompetensi yang mengarah pada profil lulusan. Rapat diakhiri dengan doa bersama.
Perkuat Skill Memberdayakan Umat, KKL MD Kunjungi BAZNAS Provinsi Jawa Barat
3 hari yang lalu - KegiatanKKL yang Istimewa: MD Jajaki Pengembangan Prodi dengan Kunjungi FDK-UIN Bandung,
3 hari yang lalu - KegiatanPembekalan Kuliah Kerja Lapangan Manajemen Dakwah Angkatan 2022
1 pekan yang lalu - Kegiatan